Penjualan dengan Menggunakan Mesin Otomatis
ini dapat dilakukan untuk jenis produk yang relatif kecil bentuknya dan nilai perunitnya rendah, seperti permen. Dengan memasukkan koin atau uang logam ke dalam mesin, pembeli akan mendapatkan barang tersebut setelah menekan tombol.
Karena bentuk
mesin ini kebanyakan kecil atau tidak terlalu besar, maka pengorganisasianya
sering dilakukan di dalam toko. Hal ini dimaksudkan untuk menjaga keamanan,
disamping penjual sendiri dapat mengawasinya. Penjual yang menggunakan otomatis
memandang bahwa biaya yang harus dikeluarkan untuk mengoperasikan lebih mudah
daripada tenaga penjualan.
Dalam dunia penjualan
ada berbagai macam teori yang berkaitan dengan teknik menjual, salah satunya
adalah berdasarkan 5 konsep AIDAS.
Tahapan-tahapan yang harus
dilakukan seorang wirausaha dalam melakukan kegiatan penjualan berdasarkan 5
konsep AIDAS sebagai berikut :
1. Perhatian
(Attention)
2. Minat
(Interest)
3. Keinginan
(Desire)
4. Tindakan
(Action)
5. Kepuasan
(Satisfaction)
1. Perhatian (Attention)
Pada tahap
perhatian (attention) wirausaha berusaha agar calon konsumen memperhatikan
penawaran yang dilakukannya. Untuk mendapatkan perhatian dari calon konsumen
wirausaha harus memperlihatkan sikap yang baik, tutur kata dan cara berpakaian
yang menarik yang akan memberikan penilaian yang positif dari calon konsumen
yang akan berpengaruh terhadap terjadinya jual beli.
2. Minat (Interest)
ada tahap minat
(interest) wirausaha berusaha meningkatkan perhatian calon konsumen menjadi
minat dengan cara menciptakan suasana yang menyenangkan, mendengarkan dan
memahami kebutuhan konsumen.
3. Keinginan (Desire)
Pada tahap
keinginan (desire) wirausaha harus dapat meyakinkan calon konsumen dengan
menjelaskan keuntungan yang akan didapat calon konsumen apabila membeli produk
yang ditawarkan serta kerugiannya jika tidak membeli produk tersebut. Hal-hal
yang mempengaruhi keinginan membeli dari calon konsumen adalah factor
pendapatan, pendidikan, status social, jenis kelamin dan lain lain.
4. Tindakan (Action)
Pada tahap
tindakan (action) wirausaha harus dapat mewujudkan kebutuhan dan harapan
konsumen dan memberikan keyakinan bahwa barang, jasa dan ide yang dibeli
merupakan langkah yang tepat yang dapat memberikan keuntungan bagi konsumen.
5. Kepuasan (Satisfaction)
Pada tahap
kepuasan (satisfaction) wirausaha harus dapat memastikan bahwa kualitas barang,
jasa dan ide yang dibeli sesuai denga harapan konsumen.
Selain 5 konsep AIDAS terdapat
Pelayanan Prima yang dikembangkan berdasarkan konsep A3 yaitu :
1. Attitude
(sikap)
2. Attention
(Perhatian)
3. Action
(tindakan)
Seni menjual dan teknik promosi
Komentar
Posting Komentar