Pengertian Komunikasi
Bisnis Menurut Para Ahli
Djoko Purwanto
Menurut Djoko Purwanto, Komunikasi Bisnis adalah komunikasi yang digunakan didalam dunia bisnis yang termasuk berbagai macam bentuk komunikasi, baik itu verbal maupun non-verbal guna capai suatu target tertentu.
William Albig
Menurut William Albig, Komunikasi Bisnis adalah pertukaran informasi, gagasan, pendapat, intruksi yang punya target tertentu yang dihidangkan secara personal maupun impersional melalui lambang atau sinyal.
William C.Himstreet dan Wyne Murlin Baty
Menurut William C.Himstreet dan Wyne Murlin Baty, Proses pertukaran Info antar individu melalui proses yang umum baik itu bersama dengan simbol, sinyal atau prilaku dan tindakan.
Cutris
Menurut Cutris, Komunikasi Bisnis adalah komunikasi yang terdapat didalam organisasi bisnis didalam pertunjukan untuk memecahkan masalah dan membawa dampak keputusan.
Menurut Djoko Purwanto, Komunikasi Bisnis adalah komunikasi yang digunakan didalam dunia bisnis yang termasuk berbagai macam bentuk komunikasi, baik itu verbal maupun non-verbal guna capai suatu target tertentu.
William Albig
Menurut William Albig, Komunikasi Bisnis adalah pertukaran informasi, gagasan, pendapat, intruksi yang punya target tertentu yang dihidangkan secara personal maupun impersional melalui lambang atau sinyal.
William C.Himstreet dan Wyne Murlin Baty
Menurut William C.Himstreet dan Wyne Murlin Baty, Proses pertukaran Info antar individu melalui proses yang umum baik itu bersama dengan simbol, sinyal atau prilaku dan tindakan.
Cutris
Menurut Cutris, Komunikasi Bisnis adalah komunikasi yang terdapat didalam organisasi bisnis didalam pertunjukan untuk memecahkan masalah dan membawa dampak keputusan.
Katz
Menurut Katz, Komunikasi Bisnis adalah adanya pertukaran ide, pesan, dan konsep yang tentang bersama dengan pencapaian serangkaian target komersil.
Philip Kolter
Menurut Philip Kolter, Komunikasi Bisnis adalah suatu kesibukan manusia yang ditujukan untuk memuaskan keperluan dan permohonan melalui peroses pertukaran.
Persing
Menurut Persing, Komunikasi Bisnis adalah proses penyampaian makna melalui lambang yang meliputi total unsur yang terkait bersama dengan proses penyampaian dan penerimaan pesan, baik didalam bentuk tulisan, lisan, atau non-verbal yang dikerjakan di didalam suati organisasi untuk membayar orang guna produksi jasa dan barang bersama dengan target supaya beroleh keuntungan.
Rosenbalt
Menurut Rosenbalt, Komunikasi Bisnis adalah suatu tindakan pertukaran informasi, ide/opini, intruksi dsb, yang dikemukakan baik secara personal maupun non-personal melalui lambang dan sinyal guna capai target perusahaan.
Hunghess dan Kapoor
Menurut Hunghess dan Kapoor, Komunikasi Bisnis adalah suatu kesibukan atau bisnis individu yang terorganisir untuk menghasilkan, menjual barang dan jasa bersama dengan target untuk mendapat keuntungan dan sadar keperluan masyarakat.
Menurut Katz, Komunikasi Bisnis adalah adanya pertukaran ide, pesan, dan konsep yang tentang bersama dengan pencapaian serangkaian target komersil.
Philip Kolter
Menurut Philip Kolter, Komunikasi Bisnis adalah suatu kesibukan manusia yang ditujukan untuk memuaskan keperluan dan permohonan melalui peroses pertukaran.
Persing
Menurut Persing, Komunikasi Bisnis adalah proses penyampaian makna melalui lambang yang meliputi total unsur yang terkait bersama dengan proses penyampaian dan penerimaan pesan, baik didalam bentuk tulisan, lisan, atau non-verbal yang dikerjakan di didalam suati organisasi untuk membayar orang guna produksi jasa dan barang bersama dengan target supaya beroleh keuntungan.
Rosenbalt
Menurut Rosenbalt, Komunikasi Bisnis adalah suatu tindakan pertukaran informasi, ide/opini, intruksi dsb, yang dikemukakan baik secara personal maupun non-personal melalui lambang dan sinyal guna capai target perusahaan.
Hunghess dan Kapoor
Menurut Hunghess dan Kapoor, Komunikasi Bisnis adalah suatu kesibukan atau bisnis individu yang terorganisir untuk menghasilkan, menjual barang dan jasa bersama dengan target untuk mendapat keuntungan dan sadar keperluan masyarakat.
Tujuan Komunikasi Bisnis
Menurut James J. Floyd , Jerry L. Winsor dan B Curtis, target
komunikasi bisnis yaitu:
a. Menyelesaikan Masalah dan Membuat Keputusan
Ini sangat pas dikarenakan jadi tinggi seseorang didalam suatu bisnis maka orang tersebut bakal terkait terhadap keahlian orang lain didalam membawa dampak ketentuan dan memecahkan masalah untuk capai keberhasilan.
b. Mengevaluasi Perilaku
a. Menyelesaikan Masalah dan Membuat Keputusan
Ini sangat pas dikarenakan jadi tinggi seseorang didalam suatu bisnis maka orang tersebut bakal terkait terhadap keahlian orang lain didalam membawa dampak ketentuan dan memecahkan masalah untuk capai keberhasilan.
b. Mengevaluasi Perilaku
Penilaian atau evaluasi perlu dikerjakan anggota organisasi untuk
sadar dan mengoreksi hal apa saja yang bakal dan udah dikerjakan terhadap
prestasi mereka. Penilain ini memerlukan kepekaan dan keahlian komunikasi.
Sedangkan menurut Soeganda Priyatna, target komunikasi bisnis yakni untuk pemenuhan barang yang diperlukan masyarakat. Tujuan kesibukan bisnis yakni untuk beroleh laba. Penetapan target bisni tiap-tiap organisasi tentang bersama dengan proses nilai penduduk tempat organisasi atau lembaga bisnis tersebut beroperasi.
Sedangkan menurut Soeganda Priyatna, target komunikasi bisnis yakni untuk pemenuhan barang yang diperlukan masyarakat. Tujuan kesibukan bisnis yakni untuk beroleh laba. Penetapan target bisni tiap-tiap organisasi tentang bersama dengan proses nilai penduduk tempat organisasi atau lembaga bisnis tersebut beroperasi.
Selain itu
tujuan bisnis juga dapat digolongkan menjadi dua tujuan umum dan tujuan khusus
:
1.
Tujuan umum komunikasi bisnis
yakni mendukung tujuan bisnis supaya lebih efektif dan efisien guna memperbaiki
pengelolaan bisnis.
2. Tujuan khusus komunikasi bisnis yaitu menciptakan interaksi / hubungan antara perusahaan dengan
konsumen, pemerintah, sesama dunia usaha serta dengan lingkungan agar tercipta
hubungan baik yang dapat meningkatkan pertumbuhan bisnis.
Unsur Komunikasi Bisnis
Dalam suatu komunikasi bisnis terdapat 6 unsur utama, diantaranya
seperti:
- Memiliki tujuan, bermakna komunikasi bisnis perlu punya target yang udah ditetapkan pada mulanya seiring bersama dengan target organisasi.
- Pertukaran, didalam hal ini melibatkan paling tidak 2 (dua) orang atau lebih yakni komunikator dan komunikan.
- Gagasan, opini, informasi, instruksi merupakan isikan dari pesan yang bentuknya begitu banyak ragam terkait tujuan, kondisi dan kondisinya.
- Menggunakan saluran personal atau impersonal yang kemungkinan berbentuk tatap muka, memakai tempat tertentu atau melalui tempat yang menjangkau jutaan orang secara bersamaan.
- Menggunakan lambang atau sinyal yang merupakan alat atau metode yang bisa dimengerti atau dimengerti oleh penerima untuk mengemukakan pesan.
- Pencapaian target organisasi, tidak benar satu karakteristik yang membedakan organisasi atau lembaga formal dari Info adalah adanya target yang udah ditetapkan pada mulanya oleh manajemen.
Manfaat Komunikasi Bisnis
Manfaat
dari komunikasi bisnis terbagi menjadi dua, manfaat internal dan manfaat
eksternal.
1. Manfaat Internal
Komunikasi
yang efektif di dalam perusahaan dapat menunjang karir eksekutif perusahaan.
beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dalam mempromosikan suatu jenjang karir
eksekutif supaya proses komunikasi berjalan dengan baik yaitu:
- Kemampuan manajemen
- Memiliki ambisi untuk maju
- Kepercayaan diri
- Kemampuan bekerja keras
- Kemampuan mengambil keputusan yang tepat
- Latar belakang akademis
- Kemampuan berkomunikasi efektif
- Berpenampilan menarik
2.
Manfaat Eksternal
Menjalin
komunikasi bisnis yang baik dengan pihak ketiga akan berdampak positif dengan
keberhasilan bisnis dan upaya membangun citra perusahaan di mata masyarkat.
CONTOH KOMUNIKASI PERUSAHAAN DENGAN
KONSUMEN, SUPLIER, DAN INVESTOR
§
Perusahaan dengan
konsumen
Komunikasi dengan pelanggan, komunikasi yang terjadi antara
komunikator dengan pelanggan atau komunikan dalam kontek menawarkan produk, dan
komunikasi yang kita lakukan dengan pelanggan ini harus jelas,tidak
bertele-tele karena seperti yang kita tahu islahnya pelanggan itu adalah Raja,
jadi ketika kita berkomunikasi dengan pelanggan harus menjaga emosi, tidak
berlebihan, sehingga pelanggan tertarik dengan komunikasi kita dan kemudian
juga tertarik dengan produk yang kita tawarkan.
§
Perusahaan dengan
supplier
1. Gunakan software Supplier Relationship
Management (SRM).
2. Jadilah konsumen yang baik untuk supplier
Anda.
3. Cobalah mempertimbangkan pengurangan jumlah
vendor Anda.
4. Tetap jaga komunikasi Anda dengan terbuka.
5. surat kerjasama
§
Perusahaan dengan
investor
1. Surat Permohonan Investasi
Kerja sama antar pelaku bisnis bisa
berupa investasi. Permohonan investasi ini juga bisa menggunakan surat
persuasif. Bahasa-bahasa yang digunakan masih mengutamakan bahasa formal yang
profesional. Di dalamnya juga akan tertera ajakan-ajakan tertentu yang
memungkinkan pelaku bisnis untuk bisa menarik investasi. Dalam surat ini
biasanya juga akan ditunjukkan keuntungan-keuntungan apa saja yang bisa
didapatkan pihak lain pada saat bergabung untuk berinvestasi.
2. Promosi terhadap Investor
Manajemen kami menawarkan akses melalui
pertemuan individu atau kelompok dan conference call. Kami
mengembangkan dan menjaga hubungan baik dengan para analis karena mereka
memegang peranan penting dalam menginformasikan dan mengedukasi komunitas
investor.
§
Perusahaan dengan
pemerintah
1. Regulasi Terhadap Produk Impor
Setiap negara mempunyai kekuasaan
terhadap produk yang dijual dinegaranya. Contoh: Mainan yang diproduksi diluar
negri tapi dijual di Amerika haruslah memenuhi standar keaman yang berlaku
seperti halnya yang berlaku bagi industri sejenis yang berasal dari dalam
negri.
2. Regulasi Terhadap produk Ekspor
Pemerintah mempunyai kepentingan untuk
mengetahui apakah produk-produk bisnis di ekspor keseluruh dunia. Pemerintah
pusat memperhatikan produk yang “dibuat Di Amerika” merupakan produk
berkualitas bagus. Perusahaan Amerika kadang-kadang mengekspor produknya ke
suatu negara yang dilarang oleh negara (Amerika) untuk melakukan transaksi
penjualan karena masalah keamanan.
3. Regulasi Pemerintah Terhadap Bisnis
Regulasi adalah cara utama mendapatkan
kebijakan publik. Karena pemerintah beroperasi pada banyak tingkatan (pusat,
povinsi, kabupaten), bisnis modern menghadapi sejumlah regulasi yang komplek.
Masyarakat mengandalkan pemerintah untuk menetapkan aturan tingkah laku atau
regulasi untuk masyarakat dan organisasi.
4. Regulasi terhadap Pajak
Satu hal yang penting dari kebijakan
publik berkaitan langsung dengan ekonomi. Kebijakan fiskal mengacu pada pola
perpajakan dan pengeluaran yang dimaksudkan untuk menstimulasi atau mendukung
ekonomi. Pemerintah mengeluarkan uang pada banyak aktifitas yang berbeda.
Pemerintah daerah mempekerjakan guru, pengumpul sampah, polisi, dan pemadam
kebakaran. Pemerintah provinsi mengeluarkan banyak uang untuk jalan, layanan
sosial, dan lahan parkir. Pemerintah pusat mengeluarkan uang untuk pertahanan
militer, hubungan internasional, dan ratusan proyek pekerjaan publik.
Komentar
Posting Komentar