Langsung ke konten utama

komunikasi bisnis



Pengertian Komunikasi Bisnis Menurut Para Ahli

Djoko Purwanto
Menurut Djoko Purwanto, Komunikasi Bisnis adalah komunikasi yang digunakan didalam dunia bisnis yang termasuk berbagai macam bentuk komunikasi, baik itu verbal maupun non-verbal guna capai suatu target tertentu.

William Albig
Menurut William Albig, Komunikasi Bisnis adalah pertukaran informasi, gagasan, pendapat, intruksi yang punya target tertentu yang dihidangkan secara personal maupun impersional melalui lambang atau sinyal.

William C.Himstreet dan Wyne Murlin Baty
Menurut William C.Himstreet dan Wyne Murlin Baty, Proses pertukaran Info antar individu melalui proses yang umum baik itu bersama dengan simbol, sinyal atau prilaku dan tindakan.

Cutris
Menurut Cutris, Komunikasi Bisnis adalah komunikasi yang terdapat didalam organisasi bisnis didalam pertunjukan untuk memecahkan masalah dan membawa dampak keputusan.
Katz
Menurut Katz, Komunikasi Bisnis adalah adanya pertukaran ide, pesan, dan konsep yang tentang bersama dengan pencapaian serangkaian target komersil.

Philip Kolter
Menurut Philip Kolter, Komunikasi Bisnis adalah suatu kesibukan manusia yang ditujukan untuk memuaskan keperluan dan permohonan melalui peroses pertukaran.

Persing
Menurut Persing, Komunikasi Bisnis adalah proses penyampaian makna melalui lambang yang meliputi total unsur yang terkait bersama dengan proses penyampaian dan penerimaan pesan, baik didalam bentuk tulisan, lisan, atau non-verbal yang dikerjakan di didalam suati organisasi untuk membayar orang guna produksi jasa dan barang bersama dengan target supaya beroleh keuntungan.

Rosenbalt
Menurut Rosenbalt, Komunikasi Bisnis adalah suatu tindakan pertukaran informasi, ide/opini, intruksi dsb, yang dikemukakan baik secara personal maupun non-personal melalui lambang dan sinyal guna capai target perusahaan.

Hunghess dan Kapoor
Menurut Hunghess dan Kapoor, Komunikasi Bisnis adalah suatu kesibukan atau bisnis individu yang terorganisir untuk menghasilkan, menjual barang dan jasa bersama dengan target untuk mendapat keuntungan dan sadar keperluan masyarakat.

Tujuan Komunikasi Bisnis

Menurut James J. Floyd , Jerry L. Winsor dan B Curtis, target komunikasi bisnis yaitu:

a. Menyelesaikan Masalah dan Membuat Keputusan
Ini sangat pas dikarenakan jadi tinggi seseorang didalam suatu bisnis maka orang tersebut bakal terkait terhadap keahlian orang lain didalam membawa dampak ketentuan dan memecahkan masalah untuk capai keberhasilan.

b. Mengevaluasi Perilaku
Penilaian atau evaluasi perlu dikerjakan anggota organisasi untuk sadar dan mengoreksi hal apa saja yang bakal dan udah dikerjakan terhadap prestasi mereka. Penilain ini memerlukan kepekaan dan keahlian komunikasi.

Sedangkan menurut Soeganda Priyatna, target komunikasi bisnis yakni untuk pemenuhan barang yang diperlukan masyarakat. Tujuan kesibukan bisnis yakni untuk beroleh laba. Penetapan target bisni tiap-tiap organisasi tentang bersama dengan proses nilai penduduk tempat organisasi atau lembaga bisnis tersebut beroperasi.
Selain itu tujuan bisnis juga dapat digolongkan menjadi dua tujuan umum dan tujuan khusus :
1. Tujuan umum komunikasi bisnis yakni mendukung tujuan bisnis supaya lebih efektif dan efisien guna memperbaiki pengelolaan bisnis.
2. Tujuan khusus komunikasi bisnis yaitu menciptakan interaksi / hubungan antara perusahaan dengan konsumen, pemerintah, sesama dunia usaha serta dengan lingkungan agar tercipta hubungan baik yang dapat meningkatkan pertumbuhan bisnis.




Unsur Komunikasi Bisnis

Dalam suatu komunikasi bisnis terdapat 6 unsur utama, diantaranya seperti:
  • Memiliki tujuan, bermakna komunikasi bisnis perlu punya target yang udah ditetapkan pada mulanya seiring bersama dengan target organisasi.
  • Pertukaran, didalam hal ini melibatkan paling tidak 2 (dua) orang atau lebih yakni komunikator dan komunikan.
  • Gagasan, opini, informasi, instruksi merupakan isikan dari pesan yang bentuknya begitu banyak ragam terkait tujuan, kondisi dan kondisinya.
  • Menggunakan saluran personal atau impersonal yang kemungkinan berbentuk tatap muka, memakai tempat tertentu atau melalui tempat yang menjangkau jutaan orang secara bersamaan.
  • Menggunakan lambang atau sinyal yang merupakan alat atau metode yang bisa dimengerti atau dimengerti oleh penerima untuk mengemukakan pesan.
  • Pencapaian target organisasi, tidak benar satu karakteristik yang membedakan organisasi atau lembaga formal dari Info adalah adanya target yang udah ditetapkan pada mulanya oleh manajemen.

Manfaat Komunikasi Bisnis

Manfaat dari komunikasi bisnis terbagi menjadi dua, manfaat internal dan manfaat eksternal.
1. Manfaat Internal
Komunikasi yang efektif di dalam perusahaan dapat menunjang karir eksekutif perusahaan. beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dalam mempromosikan suatu jenjang karir eksekutif supaya proses komunikasi berjalan dengan baik yaitu:
  • Kemampuan manajemen
  • Memiliki ambisi untuk maju
  • Kepercayaan diri
  • Kemampuan bekerja keras
  • Kemampuan mengambil keputusan yang tepat
  • Latar belakang akademis
  • Kemampuan berkomunikasi efektif
  • Berpenampilan menarik
2. Manfaat Eksternal
Menjalin komunikasi bisnis yang baik dengan pihak ketiga akan berdampak positif dengan keberhasilan bisnis dan upaya membangun citra perusahaan di mata masyarkat.

CONTOH KOMUNIKASI PERUSAHAAN DENGAN KONSUMEN, SUPLIER, DAN INVESTOR
§  Perusahaan dengan konsumen
Komunikasi dengan pelanggan, komunikasi yang terjadi antara komunikator dengan pelanggan atau komunikan dalam kontek menawarkan produk, dan komunikasi yang kita lakukan dengan pelanggan ini harus jelas,tidak bertele-tele karena seperti yang kita tahu islahnya pelanggan itu adalah Raja, jadi ketika kita berkomunikasi dengan pelanggan harus menjaga emosi, tidak berlebihan, sehingga pelanggan tertarik dengan komunikasi kita dan kemudian juga tertarik dengan produk yang kita tawarkan.
§  Perusahaan dengan supplier
1. Gunakan software Supplier Relationship Management (SRM).
2. Jadilah konsumen yang baik untuk supplier Anda.
3. Cobalah mempertimbangkan pengurangan jumlah vendor Anda.
4. Tetap jaga komunikasi Anda dengan terbuka.
5. surat kerjasama

§  Perusahaan dengan investor
1.      Surat Permohonan Investasi
Kerja sama antar pelaku bisnis bisa berupa investasi. Permohonan investasi ini juga bisa menggunakan surat persuasif. Bahasa-bahasa yang digunakan masih mengutamakan bahasa formal yang profesional. Di dalamnya juga akan tertera ajakan-ajakan tertentu yang memungkinkan pelaku bisnis untuk bisa menarik investasi. Dalam surat ini biasanya juga akan ditunjukkan keuntungan-keuntungan apa saja yang bisa didapatkan pihak lain pada saat bergabung untuk berinvestasi.


2.      Promosi terhadap Investor
Manajemen kami menawarkan akses melalui pertemuan individu atau kelompok dan conference call. Kami mengembangkan dan menjaga hubungan baik dengan para analis karena mereka memegang peranan penting dalam menginformasikan dan mengedukasi komunitas investor. 

§  Perusahaan dengan pemerintah
1.      Regulasi Terhadap Produk Impor
Setiap negara mempunyai kekuasaan terhadap produk yang dijual dinegaranya. Contoh: Mainan yang diproduksi diluar negri tapi dijual di Amerika haruslah memenuhi standar keaman yang berlaku seperti halnya yang berlaku bagi industri sejenis yang berasal dari dalam negri.



2.      Regulasi Terhadap produk Ekspor
Pemerintah mempunyai kepentingan untuk mengetahui apakah produk-produk bisnis di ekspor keseluruh dunia. Pemerintah pusat memperhatikan produk yang “dibuat Di Amerika” merupakan produk berkualitas bagus. Perusahaan Amerika kadang-kadang mengekspor produknya ke suatu negara yang dilarang oleh negara (Amerika) untuk melakukan transaksi penjualan karena masalah keamanan. 

3.      Regulasi Pemerintah Terhadap Bisnis
Regulasi adalah cara utama mendapatkan kebijakan publik. Karena pemerintah beroperasi pada banyak tingkatan (pusat, povinsi, kabupaten), bisnis modern menghadapi sejumlah regulasi yang komplek. Masyarakat mengandalkan pemerintah untuk menetapkan aturan tingkah laku atau regulasi untuk masyarakat dan organisasi.



4.      Regulasi terhadap Pajak
Satu hal yang penting dari kebijakan publik berkaitan langsung dengan ekonomi. Kebijakan fiskal mengacu pada pola perpajakan dan pengeluaran yang dimaksudkan untuk menstimulasi atau mendukung ekonomi. Pemerintah mengeluarkan uang pada banyak aktifitas yang berbeda. Pemerintah daerah mempekerjakan guru, pengumpul sampah, polisi, dan pemadam kebakaran. Pemerintah provinsi mengeluarkan banyak uang untuk jalan, layanan sosial, dan lahan parkir. Pemerintah pusat mengeluarkan uang untuk pertahanan militer, hubungan internasional, dan ratusan proyek pekerjaan publik.










Komentar

Postingan populer dari blog ini

ulasan tentang iklan (Beng-Beng ShareIt, Go-Pay, Citra Hazeline)

Ulasan Tentang Iklan   ·         Beng Beng ShreIt Iklan ini menceritakan tentang asyiknya, indahnya berbagi makanan kepada semua orang. Iklan ini menceritakan sepasang remaja yang dimana seorang laki laki sedang menikmati enaknya makan beng-beng, tiba-tiba si perempuan meminta beng-beng dan laki-laki tsb tidak mau memberikan. Karena melihat raut wajah si perempuan, tidak tega lalu memberikan beng-beng shareit dimana beng-beng dalam kemasan dan isi yang lebih banyak, Beng-Beng Shareit dengan harga yang terjangkau dan isi yang lebih banyak kita dapat membagi kebahagiaan, kepada orang banyak dengan memberikan Beng-Beng Shareit. Tujuan : Memberikan kebahagiaan yang sederhana, sama-sama makan B eng-Beng ShareIt dengan berbagai momen bersama orang-orang disekitar kita dan sama-sama merasakan kenahagiaan dan kenikmatan saat makan Beng-Beng ShareIt.   Maksud : Memengaruhi konsumen agar dapat berbagi kebahagiaan mulai dar...

Catatan Akuntansi Kelompok 6

Perseroan Terbatas: Organisasi dan Transaksi Modal Saham 1.       JENIS-JENIS SAHAM DAN KARAKTERISTIK SAHAM ·          Saham Biasa Saham biasa adalah pemilik sebenarnya dari perusahaan. Mereka menanggung resiko dan mendapatkan keuntungan. Apabila kondisi perusahaan jelek maka investor tidak mau menerima deviden atau bisa saja harta investor berkurang, sedangkan pada kondisi sebaliknya apabila perusahaan Baik maka investor akan mendapatkan penerimaan deviden atau hartanya akan bertambah. o    Karakteristik Saham Biasa 1.    Hak suara pemegang saham, dapat memilih dewan komisaris. 2.    Hak didahulukan, bila organisasi penerbit menerbitkan saham baru. 3.    Tanggung jawab terbatas, pada jumlah yang diberikan saja. o    Saham Preferen Saham Preferen adalah saham jenis istimewa yang mana pemegangnya mendapatkan hak istimewa dalam pembayaran deviden di...

tenaga kerja nuklir

Prinsip Kerja Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir atau yang lebih dikenal dengan singkatan PLTN, sudah digunakan teknologinya lebih dari 50 tahun yang lalu. Keunggulan PLTN adalah tidak menghasilkan emisi gas CO2 sama sekali. Selain itu PLTN juga mampu menghasilkan daya stabil yang jauh lebih besar jika dibandingkan dengan pembangkit listrik lainnya. Perlu diketahui juga bahwa bahan bakar uranium yang sudah habis dipakai dapat didaur ulang kembali menghasilkan bahan bakar baru untuk teknologi di masa depan. Indonesia sebenarnya sangat cocok mengembangkan pembangkit listrik ini, sebagai upaya diversifikasi penggunaan pembangkit listrik primer berbahan bakar fosil, seperti batubara, minyak bumi, dan gas alam. Dengan penanggulangan radiasi yang cermat dan berlapis, PLTN dapat menjadi solusi kebutuhan energi listrik yang besar di Indonesia. PRINSIP KERJA PLTN Prinsip kerja PLTN hampir mirip dengan cara kerja pembangkit listrik tenag...